Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Manajemen Waktu untuk Remaja Milenial

Tanggal diterbitkan: 30/10/2018


Remaja zaman sekarang sudah tentu berbeda dengan remaja masa baheula. Mengapa? Remaja zaman sekarang memiliki tantangan harus bersaing dengan kecanggihan teknologi dan media sosial yang hampir menggempur lebih dari separuh waktu remaja. Jika tidak pandai-pandai mengatur waktu, remaja milenial hanya akan melakukan hal-hal yang sangat sia-sia. 

Belajar di sekolah merupakan tugas utama bagi seorang remaja. Belum lagi kegiatan di sekolah yang begitu banyak. Segudang aktivitas yang rasanya tidak pernah habis membuat banyak remaja merasa tidak memiliki waktu lagi untuk menyalurkan hobi dan bergaul dengan teman sebaya di dunia nyata.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan oleh remaja milenial agar dapat mengatur waktu untuk menjadi remaja yang produktif? Simak delapan langkah cara memanajemen waktu bagi remaja milenial berikut ini:

Rapikan
Rapikan jadwal belajar dan segala sesuatu yang ada di meja belajar. Hal ini akan memudahkan remaja dalam menyusun kegiatan lainnya.

Rencana
Rencanakan jadwal atau kegiatan dengan mencatat waktu seefektif mungkin. Rencanakan dengan baik agar remaja juga bisa menekuni hobi serta masih punya waktu juga untuk hangout bersama teman-teman setiap hari. Buatlah cheklist dan lakukan, jangan hanya sebatas daftar rencana yang tidak penah diwujudkan. Berjalan-jalam bersama teman bisa dilakukan saat jam istirahat di sekolah atau saat weekday tiba. Tapi ingat, harus tetap bijak mengatur waktu.

Prioritas
Menepati jadwal yang sudah dibuat merupakan kewajiban yang harus ditaati. Namun, ada juga saat yang mengharuskan untuk menyusun ulang jadwal dengan menentukan skala prioritas. Urutkan tugas berdasarkan tingkat kepentingan, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak penting. Artinya, jika hari itu ada tugas yang lebih mendesak untuk dikumpulkan, tugas itulah yang perlu diselesaikan lebih dulu, bukan mengerjakan tugas yang waktu untuk mengumpulkannya masih cukup lama. Jika minggu-minggu ini sekolah sedang mengadakan tes, jadwal berkumpul bersama teman bisa ditunda terlebih dahulu.

Efektif
Ketika menyelesaikan satu tugas, ingatlah bahwa ini bukan perlombaan. Jadi, tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikannya. Terlalu tergesa-gesa bisa berakibat fatal, yaitu banyak kesalahan dalam menyelesaikan tugas. Jangan lupa, agar semua aktivitas bisa berjalan lancar, buatlah alokasi waktu yang tepat sesuai dengan kebiasaan. Misalnya, jika lebih suka belajar di waktu pagi hari, gunakan malam harinya untuk mengembangkan hobi.

Fokus
Setelah mengalokasikan waktu untuk setiap kegiatan, hal yang tidak kalah penting adalah tetap fokus saat menjalankannya. Jangan memikirkan ide-ide penting yang berkaitan dengan hobi karena hal tersebut hanya akan mengganggu konsentrasi belajar. Terlebih lagi jika sedang banyak tugas. Fokuslah dalam menyelesaikan tugas sekolah dengan prinsip “Sedikit hal penting tetapi hasilnya maksimal lebih baik daripada banyak hal penting, tetapi hanya sedikit yang dikerjakan”. Abaikan godaaan sosial media yang ada di sekitar.

Selesaikan
Milikilah pola pikir “tugas yang saya terima dan apa yang sudah saya mulai harus diselesaikan”. Jangan sampai memiliki pola pikir, “Ah, tenang, waktu untuk mengumpulkannya masih lama, kok.”

Jangan Menunda
Jika mendapatkan tugas yang sulit, selesaikan terlebih dahulu, baru selesaikan tugas yang lebih mudah. Tentunya, harus sesuai dengan prinsip pada poin 6, ya.

Pertahankan 
Setelah berhasil memiliki jadwal yang teratur, jangan lengah. Tetaplah teratur mengikuti jadwal yang sudah rutin dibuat.

Dengan manajemen waktu sedemikian, dijamin, remaja akan lebih produktif lagi dalam memaksimalkan waktu. (AH)

image source: https://toggl.com/time-management-tips/

Kegiatan Cimahi

Headline News