Pencarian :

Berita • Detail Berita

Bank Samici Terima 70 Jenis Sampah

2014-10-06 07:45:11

CIMAHI - Bagi anda yang setiap harinya menghasilkan sampah dalam jumlah banyak, sepertinya anda harus mulai memikirkan untuk 'mengkomersilkannya' ke Bank Samici agar mendapatkan kepingan rupiah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi Budi Raharja mengatakan, Bank Samici siap menerima sampah an-organik warga yang telah dipilah berdasarkan empat kelompok seperti kertas, plastik, logam dan kaca.

"Sedikitnya ada 70 jenis sampah yang bisa dijual kesini. Harga tergantung jenisnya, yang paling murah yakni keresek perkilonya Rp300, sedangkan yang mahal yakni panci Rp 11.000," katanya, kepada wartawan Jumat (3/10/2014).

Hasil sampah yang diterima bank Samici selanjutnya akan dibeli pengepul barang rongsokan. Layaknya bank konvensional, bank Samici pun dikelola menggunakan sistem perbankan dan memiliki teller.

Nasabahnya adalah warga Cimahi yang menyetorkan sampah secara perorangan atupun kelompok. Mereka mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

"Sampah yang mereka setorkan dicatat dalam bukunya masing-masing. Sewaku-waktu tabungan tersebut bisa diambil setelah terkumpul banyak," paparnya.(HA)


Kegiatan Cimahi

Headline News