Berita • Detail Berita

Pemilihan Kader PKK Berprestasi Kota Cimahi

2016-03-15 11:19:39

CIMAHI.- Para kader PKK Kota Cimahi diharapkan mampu berperan dalam berbagai kegiatan pembangunan daerah. Sehingga upaya mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera bisa terealisasi.

Menurut  Ricky Herdiansyah dari Sekertariat Tim Penggerak PKK Kota Cimahi, bahwa untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para kader PKK dalam menjalankan tugas dan fungsinya membantu pemerintahan melakukan pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat, Pengurus Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggelar lomba bertajuk "Lomba Kader TP PKK Berprestasi" tingkat Kota Cimahi.

"Perlombaan yang rutin diselenggarakan tiap tahun itu bertujuan untuk menguji kompetensi Kader dalam menguasai dan penerapan sepuluh program PKK di tengah masyarakat. Dengan ajang ini, otomatis para kader meningkatkan kemampuannya dan keilmuannya para kader dalam prakteknya di tengah masyarakat," katanya.

Perlombaan yang diikuti perwakilan dari setiap kelurahan di Kota Cimahi itu terbagi dalam tiga sesi penjurian, yaitu tes tulis, tes lisan (wawancara), dan presentasi program.Peserta melewati tiga tahap penjurian. Ada test tertulis, wawancara, dan presentasi yang semuanya berhubungan dengan sepuluh Program PKK. Serta presentasi, peserta memberitahu capaian, program dan pengalaman selama menjadi kader PKK.

Sepuluh program yang menjadi acuan seluruh PKK di Indonesia adalah, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

Menurut Ricky, dari 15 peserta yang mengikuti perlombaan, akan dipilih tiga juara.  Juara pertama akan diikutkan dalam perlombaan serupa di tingkat Provinsi.
"Ini kan program tahunan baik dari Penggerak PKK pusat, provinsi, dan kota. Juara pertama akan diikutkan di tingkat provinsi," jelasnya.

Jumlah anggota PKK yang ada di Kota Cimahi lebih dari 20.000 anggota. "Idealnya jumlah Keluarga yang ada di kota Cimahi dibagi 20 orang. Jadi setiap satu kader, membawahi 20 kepala keluarga," ujar Ricky.
Peran PKK di lingkungan masyarakat sangat penting. "PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia," pungkasnya. (RR)

Kegiatan Cimahi

Headline News