Berita • Detail Berita

Pemeliharaan Pohon Terus Dilakukan

2017-03-15 09:45:14

CIMAHI.- Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi terus melakukan upaya pemeliharaan pohon di ruas jalan. Selain berfungsi sebagai peneduh, juga mengikat air hujan sehingga mengurangi air melimpas. 
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Ade Ruhiat, mengatakan, pemeliharaan pohon dilakuman dengan pemangkasan maupun penambalan pohon. 
"Tugas kita akan memelihara dan memeriksa. Kita akan terlebih dahulu lakukan pemangkasan dahan," terangnya.
Sejauh ini, kata dia, dalam pengawasan, pihaknya sedang melakukan sensus pohon agar berapa jumlah dan jenis pohon serta usia pohon bisa diketahui. Untuk jenis pohon di Cimahi ada Kihujann Mahoni dan Albasiyah.
Selain itu, pada masa curah hujan tinggi pihaknya mewaspadai potensi pohon tumbang di sejumlah titik khususnya jalanan ramai yang berderet pohon-pohon berukuran besar. Terlebih, memasuki musim penghujan pohon tumbang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi.
Untuk pengawasan, lanjut dia, pihaknya menurunkan anggotanya untuk memeriksa kondisi pohon yang berada di kawasan rimbun seperti di Jalan Sriwijaya, Gatot Subroto dan disekitaran Jalan Dustira.Menurutnya, meski di daerah tersebut cukup rimbun, namun sejauh ini potensi pohon tumbang tidak terlalu tinggi.
Laporan dari warga, kata dia, akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan kerawanan pohon tumbang di Cimahi. Dengan laporan tersebut, sebelum musibah pohon tumbang terjadi, dapat lebih dahulu diantisipasi. Sebab, biasanya ada beberapa pohon yang terlihat masih kokoh dan kuat, namun karena angin yang sangat kencang ataupun hujan yang terlalu deras maka pepohonan itu pun juga bisa tumbang dengan sendirinya.
"Tentunya kita semua harus peka dan peduli. Kami harap laporan warga jika menemukan adanya pepohonan yang rawan tumbang," pungkasnya. (RR)**

Kegiatan Cimahi

Headline News