Berita • Detail Berita

Cimahi Terus Matangkan Diri Hadapi Popwilda

2017-03-15 10:01:44

CIMAHI - Jelang perhelatan Pekan Olahraga Wilayah Daerah(Popwilda) pada Mei mendatang, Kota Cimahi selaku tuan rumah sekaligus peserta sudah mempersiapkan diri, terutama dari segi kesiapan atlet dan pelatihnya.

Dalam gelaran Popwilda sendiri akan mempertandingkan 8 cabang olahraga, yaitu basket, volley, sepakbola, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, pencak silat, dan bulutangkis.

Dalam Popwil nanti, Cimahi yang tergabung dalam wilayah 2 bersama Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta akan bersaing meloloskan atlet terbanyak.

Agar meraih hasil yang maksimal, disampaikan oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Cimahi, Nanang, pihaknya bersama KONI Kota Cimahi dan Pengcab olahraga yang dipertandingkan, akan menentukan pelatih bagi atlet yang saat ini sudah selesai melalui tahapan seleksi.

"Kami sudah menyeleksi atlet dan tinggal menunjuk pelatihnya. Dalam menentukan pelatih, bekerjasama dengan Pengcab yang olahraganya akan dipertandingkan," kata Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cimahi, Nanang, kepada pewarta, Rabu (15/3).

Pihaknya memprioritaskan guru olahraga yang akan menjadi pelatih bagi atlet dari setiap cabang olahraga. Hal tersebut dipertimbangkan mengingat kedekatan antara guru dan pelajar sebagai atlet yang dibinanya.

Jika terkendala dengan ketersediaan pelatih dari kalangan guru, barulah akan memanfaatkan pelatih dari setiap pengcab untuk menentukan kriteria oelatih yang cocok menangani atlet pelajar tersebut.

Selain itu, diharapkannya pelatih yang nantinya akan membina atlet Popwilda Kota memiliki lisensi. Hingga kini, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga akan menyiapkan sekitar 20 pelatih.

"Kalau sudah tidak ada, baru meminta bantuan pelatih pengcab membantu dinas untuk menentukan pelatihnya seperti apa. Untuk guru pelatih, diharapkan memang berlisensi, tapi kalau tidak ada meminta pelatih dari pengcab yang berlisensiada sekitar 20 lebih pelatih untuk setiap cabang olahraga," ujarnya.

Terkait venue yang akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan dalam gelaran Popwilda nanti, Nanang mengaku sudah memastikan venue tersebut, namun masih dalam tahap pengurusan perizinan. (HDA)

Kegiatan Cimahi

Headline News