Pencarian :

Berita • Detail Berita

Inspektorat Ajukan Penambahan Auditor

2017-05-18 10:19:00

CIMAHI - Inspektorat Kota Cimahi mengaku kinerjanya belum maksimal. Hal ini lebih disebabkan karena jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada saat ini belum ideal hanya 11 orang dari kebutuhan 44 orang.

ekretaris Inspektorat Kota Cimahi, Yandi Tubagus menilai, keterbatasan waktu dan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hambatan pihaknya dalam melakukan pengawasan di Pemerintahan Kota Cimahi. Dengan kekurangan tersebut membuat pemeriksaan yang dilakukan tidak komprehensif.

"Kita nggak bisa meriksa semua. Kalau diperiksa semua nggak akan cukup waktu,” kata Yandi, kepada pewarta, Rabu (17/5).

Berdasarkan kajian, khusus untuk staff auditor saja, Inspektorat butuh hingga 44 pegawai. Sedangkan yang ada saat ini hanya 17 auditor sudah termasuk enam orang fungsional dari Kementrian Dalam Negeri enam orang.

Dengan kondisi tersebut keterbatasan waktu dan tempat menjadi tidak terelakan lagi. Untuk menutupi kebutuhan pegawai, pihaknya sudah mengajukannya ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi.

Menurutnya, inspektorat sendiri memang bertugas membantu Wali Kota dalam urusan membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Di dalamnya, inspketorat mengawasi seluruh kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengawasan pengeolaan keuangan di Pemerintah Daerah.

Selama pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat, diakuinya ada beberapa penemuan penyalahgunaan, tapi tidak terlampau mencolok. Dia mencontohkan, ketika ada perjalanan dinas yang dilakukan Pemerintah Kota Cimahi, itu ada beberapa pembayaran dinas sisa.

"Kita laporkan ke Walikota, harus ditindaklanjuti. Misalnya ada kelebihan pembayaran, mereka kan harus setor ke kas daerah," pungkasnya. (HDA)

Kegiatan Cimahi

Headline News