Pencarian :

Berita • Detail Berita

Uji Emisi Gratis Bagi Masyarakat

2017-05-19 15:07:17

CIMAHI.- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi menggelar uji emisi gratis bagi masyarakat di Jalan Baros Kota Cimahi, Kamis (18/5/2017). Uji emisi dilakukan terhadap kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.
Petugas mencegat kendaraan pribadi yang melintas dilakukan uji emisi. Kendaraan yang memenuhi ambang batas parameter uji emisi dipasangi stiker dan surat keterangan lolos uji emisi.
Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Cimahi Hidayat Sadikin mengatakan, uji emisi dilakukan secara rutin. "Sejauhmana kondisi mesin kendaraan dan gas buang yang dihasilkannya. Bisa dievaluasi nanti soal gas buangnya dan pengaruh terhadap pencemaran udara, nanti bisa kita tindaklanjuti untuk pengendaliannya ke depan," ujarnya.
Ambang batas gas pada uji emisi terhadap kendaraan roda dua dan roda empat berbeda untuk tiap parameter. "Pada pelaksanaan pertama, dari 150 unit kendaraan kami temukan yang tidak lolos kurang dari 10%. Kendaraan yang lolos uji emisi kami beri stiker penanda. Yang tidak lolos, langsung direkomendasi agar melakukan service ke bengkel," katanya.
Pelaksanaan berlangsung selama 4 hari dengan target 500 kendaraan. Setelah di Baros, uji emisi bakal dilakukan di kompleks Pemkot Cimahi terutama untuk kendaraan dinas maupun kendaraan tamu dan masyarakat.
"Bagaimana supaya tidak menjadi sumber tercemar, ya kendaraan itu harus di rawat secara periodik," ucapnya.
Selain itu, uji emisi ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar sumber pencemaran di Kota Cimahi, khususnya yang ditimbulkan oleh kendaraan. “Jadi ada CO dan HC yang kita ukur, nah itu jangan sampai melebihi
mutu atau ambang batas,” terangnya. (RR)

Kegiatan Cimahi

Headline News