Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemda Belum Bisa Berbuat Banyak Untuk Honorer

2017-05-19 15:10:19

CIMAHI - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi mencatat jumlah tenaga honorer di Cimahi mencapai 2.200 orang yang terdiri dari tenaga pendidik, kesehatan, pemerintahan dan lain-lain.

Kepala Badan Kepegawaan Daerah (BKD) Kota Cimahi Harjono menyatakan, tenaga honorer khususnya tenaga kependidikan sangatlah dibutuhkan di Kota Cimahi. Tapi, disisi lain pemda belum bisa menjadikannya sebagai PNS.

"Faktanya kita tidak bisa menutup mata tentang kebutuhan tenaga honorer," kata Harjono, kepada pewarta, Jumat (19/5).

Menurutnya, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi PNS pemda tidak diperbolehkan mengangkat tenaga honorer menjadi PNS secara langsung.

Dengan demikian, pihaknya belum bisa berbuat banyak dalam hal peningkatan kesejahteraan pegawai honorer. Sebab belum ada aturan yang mengikat soal keberadaan tenaga honorer.

“Bagaimana kita memberikan pengawasan terhadap guru honorer kalau aturannya tidak ada. Itu idealnya ada aturan mainnya, tapi kita tidak bisa menutup mata bahwa pegawai itu kerja di instansi kami," ujarnya.

Adanya PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS hanya mengatur soal PNS terkait mekanisme perampingan organisasi di instansi pemerintahan. Untuk tahap awal, PNS akan terlebih dahulu disalurkan ke instansi pemerintahan yang lainnya.

Jika PNS yang terkena perampingan tidak dapat disalurkan, maka PNS yang bersangkutan bisa langsung diberhentikan dengan hormat atau dikenakan masa tunggu 5 tahun. Kondisi tersebut berdasarkan usia PNS dan berapa lama masa kerja yang telah dijalani. (hda)

Kegiatan Cimahi

Headline News