Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pembangunan Double Track Leuwigajah Diharapkan 2018

2017-09-11 09:40:17

CIMAHI - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cimahi berharap proyek pembangunan double track Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan bisa terang(arkan oleh Pemprov Jawa Barat pada 2018 mendatang. Proyek tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan terjadi di bunderan Leuwigajah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cimahi Ahmad Nuryana mengatakan, saat ini progres rencana pembangunan  baru sampai tahapan Detail Engenering Design (DED). Dinas Bina Marga provinsi pada waktunya akan melakukan ekspos.

"Kita menunggu kesiapan ekspose DED dari Bina Marga provinsi," katanya, kepada pewarta, Senin (11/9/2017). 

Dalam ekpose DED, terang Ahmad, akan dijelaskan rencana detail pembangunan double track, seperti ukuran, kontruksi dan sebagainya. Dalam praktiknya, pembuatan double track Leuwigajah harus melalui izin dari Jasa Marga. Sebab, lahan tersebut merupakan lahan Jasa Marga di bawah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI. 

Secara terpisah, Dinas Perhubungan Kota Cimahi mendorong agar Pemprov Jawa Barat segera merealisasikan pembangunan double track Leuwigajah. Pasalnya, dengan kondisi terbatasnya jembatan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi terpaksa harus melarang kendaraan besar melewati jembatan Leuwigajah saat pukul 06.00-08.00 WIB, serta pukul 16.00-18.00 WIB. 

"Kami sudah minta kepada mereka (Pemprov Jabar) segera dibangun. Mudah-mudahan provinsi bisa segera merealisasikan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ison Suhud. 

Menurut Ison, pembuatan jembatan baru di Leuwigajah sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, jembatan tersebut merupakan akses penghubung dengan wilayah lain diantaranya Kecamatan Margaasih Kab Bandung dan Cihampelas Kab Bandung Barat.

"Sangat besar kebutuhan kita. Kalau dibangun lebih cepat, akan sangat membantu," pungkas Ison.

Kegiatan Cimahi

Headline News