Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat Lewat Kelompok Usaha Bersama

2017-09-14 09:39:19

CIMAHI.- Sebanyak150 warga mengikuti kegiatan pemberdayaan keluarga penerima  manfaat dalam kelompok usaha bersama (Kube) tahun 2017 di Aula Gedung A Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (12/9/2017).
Wakil Wali Kota Cimahi, Sudiarto mengatakan, pemberdayaan masyarakat miskin melalui kube, saat ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan terhadap keluarga penerima manfaat yang berpenghasilan rendah.
"Berbagai konsep, indikator, dan teknik pengukuran kemiskinan akan memberikan gambaran cukup tingginya jumlah penduduk miskin. Berbagai model pengentasan kemiskinan juga terus dilakukan, salah satunya adalah kube," terangnya.
Sudiarto menjelaskan, kube adalah himpunan dari keluarga yang dibentuk oleh masyarakat, tumbuh dan berkembang atas dasar prakarsanya sendiri. Sehingga berinteraksi antara satu dengan yang lain, dan tinggal dalam satu wilayah tertentu.
"Tujuannya untuk meningkatkan relasi sosial yang harmonis dalam memenuhi kebutuhan anggota, memecahkan masalah sosial ekonomi, dan menjadi wadah pengembangan usaha bersama," katanya.
Menurut Sudiarto, program ini telah berjalan cukup lama. Tetapi pencapaian hasil masih perlu ditingkatkan, dan diperlukan usaha-usaha dari berbagai pihak. Sehingga hasil usaha bisa segera memberikan dampak langsung bagi pendapatan anggota.
Sudiarto melanjutkan, melalui pemerintah daerah diharapkan dapat memupuk kesadaran masyarakat, sehingga bisa meningkatkan keterlibatan pada setiap tahapan pembangunan.
“Dalam pengelolaan bantuan perlu adanya peran aktif pemerintah untuk bisa mendorong percepatan usaha atau pengembangan usaha-usaha yang baru," ucapnya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News