Pencarian :

Berita • Detail Berita

Kartu Tani Permudah Akses Pupuk Bersubsidi

2018-01-02 06:46:10

CIMAHI.- Sebanyak 657 petani di Kota Cimahi menerima Kartu Tani yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Kamis (28/12/2017).
Kartu Tani merupakan akses bagi petani untuk membeli membeli pupuk bersubsidi. Sehingga petani lebih irit, karena harga pupuk subsidi lebih murah jika dibandingkan harga pupuk yang dijual di pasaran umum.
"Manfaat Kartu Tani untuk petani bagus, bisa membeli pupuk bersubsidi dengan mudah," kata Ajay.
Selain itu, kata Ajay, dengan adanya Kartu Tani ini, lebih memudahkan pemerintah dalam mengontrol pendistribusian pupuk bersubsidi.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Huzen Rachmadi menambahkan, penerbitan Kartu Tani didasarkan adanya permasalahan dalam pengawasan, pengadaan hingga penyaluran pupuk bersubsidi, yang dinilai selama ini tidak tepat sasaran.
"Yang selama ini menimbulkan kondisi kelangkaan dan kenaikan harga ditingkat petani," tuturnya.
Para petani Kota Cimahi berharap keberadaan Kartu Tani dapat membantu mengakses pupuk  beraubsidi. Rizal Kusnandar (43) salah seorang petani asal Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, mengatakan, jika membeli sekarung langsung, harga pupuk memang seperti murah. Tapi, mayoritas petani di Cimahi membeli pupuk eceran.
"Dengan diterbitkannya Kartu Tani ini, dapat mengurangi beban petani dalam pengadaan pupuk," katanya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News