Pencarian :

Berita • Detail Berita

Operasi Pasar Murni Bakal Disiapkan 15 Ton Beras

2018-02-12 15:56:04

CIMAHI.- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi siapkan 15 ton beras untuk pelaksanaan operasi pasar murni (OPM). Pelaksanaan OPM ini diharapkan dapat menekan harga beras yang saat ini sudah melebihi harga eceran tertinggi (HET).

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Agus Irwan Kustiawan mengatakan, OPM ini akan dilaksanakan di tiga kecamatan yang ada di Kota Cimahi yakni Cimahi Selatan, Cimahi Tengah dan Cimahi Utara.

"Masing-masing kecamatan akan kita salurkan sebanyak 5 ton beras. Jadi total 15 ton beras yang kita siapkan," katanya.

Beras yang dijual dalam OPM nanti, kata Agus, beras jenis medium dengan harga Rp 8.200/kg. Beras OPM ini dijual kemasan 5 kg, jatah per orang maksimal 10 kg.

"Sasarannya seluruh warga Kota Cimahi. Kalau mau beli beras OPM ini bisa langsung datang ke kantor kecamatan masing-masing saat pelaksanaan nanti dengan membawa fotocopy KTP," bebernya.

Dijelaskan Agus, OPM ini dilakukan karena kenaikan harga beras yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini sudah diatas HET.

"Makanya kita akan laksanakan OPM beras, tentunya dengan harga yang lebih murah dari harga beras di pasar", terangnya.

Menurut Agus, tujuan dilaksanakanya OPM ini agar terciptanya kestabilan harga beras sesuai HET yang telah ditetapkan pemerintah. "Dengan harapan, OPM ini dapat menjadi salah satu instrumen penekan terhadap harga Beras," bebernya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News