Pencarian :

Berita • Detail Berita

SD Mulai Terapkan Full Day School

2018-02-12 16:00:33

CIMAHI.- Sejumlah sekolah dasar di Kota Cimahi mulai melakukan penerapan kebijakan full day school. Pihak sekolah dalam tahap persiapan dan adaptasi untuk membangun sistem yang matang menghadapi tahun ajaran baru.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan implementasi konsep fullday school mulai diterapkan awal tahun 2018. "Sejumlah sekolah mulai menerapkan fullday school. Dari 125 SD se-Kota Cimahi konsep itu baru sebagian sekolah yang ikut serta. Kami harapkan sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Menurut Dikdik, pihak sekolah masih dalam tahap adaptasi dan pengaturan waktu maupun sarana prasarana serta tenaga kerja.

Konsekuensi penerapan fullday school diantaranya siswa dan orangtua perlu memahami jam belajar di sekolah bertambah. "Ada tambahan jam berarti ada tambahan pelajaran yang diterima. Semua memerlukan kesiapan," imbuhnya.

Proses adaptasi dimulai di pertengahan tahun ajaran sebagai persiapan sekolah bisa melakukan penyesuaian. "Sehingga, saat tahun ajaran baru sudah mulai mengena sistemnya dan tinggal berjalan," ungkapnya.

Untuk penerapan fullday scholl sekolah perlu menyiapkan ruang kelas memadai, termasuk kantin, ruang ibadah, hingga tenaga pengajar.

"Disiasati dengan pembagian waktu penggunaan kelas. Misal Senin-Jumat belajar, sabtu ekskul," ucapnya.

Dia menilai kebijakan pusat tersebut tentunya mendatangkan manfaat positif.

 "Kami berharap penerapan fullday ini betul-betul bisa dirasakan manfaat oleh masyarakat. Saya pribadi lebih memilih jam belajar ditambah di sekolah agar lebih fokus dan terkontrol," tuturnya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News