Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemkot Cimahi Ajukan Anjal Dapat Bantuan Tabungan

2018-04-11 12:42:44

CIMAHI.- Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi  mengajukan sejumlah anak jalanan (anjal) Kota Cimahi mendapat Tabungan Sosial Anak (Tasa) dari pemerintah. Para calon penerima merupakan anjal yang dibina oleh lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) resmi.

Kabid. Sosial Dinsos P2KBP3A Kota Cimahi Agustus Fajar mengatakan, anjal yang berada di bawah 18 tahun yang menjadi target dalam program. Terutama anak-anak terlantar, anak jalanan, anak yang berhadapan dengan hukum, anak penyandang disabilitas, dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus.

"Kami mengajukan jumlah anjal hasil monitoring yang layak mendapat bantuan. Sedangkan anak jalanan yang tidak berada di bawah naungan sebuah panti atau yayasan, tidak akan menerima bantuan tersebut," ungkapnya.

Bantuan yang didapat pertahun akan dibagi dalam 3 kali penyaluran. Para anjal bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan dasar seperti makanan serta kebutuhan belajar seperti tas, sepatu, dan lainnya.

Bantuan tabungan berlaku selama satu tahun. "Mereka yang menerima tabungan merupakan hasil penjangkauan monitoring pendampingan anak jalanan. Bukan hanya yang memenuhi kriteria saja tapi mereka juga bersedia dan diberi bimbingan termasuk pembinaan keluarga," ujarnya.

Pembinaan juga termasuk pengawasan dalam penggunaan dana yang didapat.

"Kita sampaikan agar uang yang diberikan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan anak," ujarnya.

Setelah satu tahun penyelenggaraan, Agustus menilai, pihaknya akan mengevaluasi sejauh mana program tersebut memberi dampak terhadap para anjal. "Dievaluasi apakah anak-anak sudah beraktivitas normal kembali dan tidak jadi anak jalanan. Kita jaga anak tidak kembali ke jalan dan akan ada program lanjutan. Kalau masih bertahan dan masih perlu dibantu akan dilihat. Termasuk jika orangtua sudah mapan dan mampu secara ekonomi maka bantuan akan distop," ucapnya.

Yang diharapkan orangtua meningkatkan kepeduliannya kepada anak. "Dengan diberikan bantuan tabungan, anak-anak dan orangtua lebih paham cara mengelola uang, merencanakan masa depan dan memenuhi kebutuhan hidup, serta mendorong anak tidak lagi berada di jalan," pungkasnya. *** (RF)

Kegiatan Cimahi

Headline News