Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pasien TB Harus Terapi Minimal 6 Bulan

2018-04-11 13:03:09

CIMAHI - Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi menegaskan, penyembuhan penyakit tuberkulosis (TB) membutuhkan waktu minimal enam bulan.

Dikatakannya, orang yang terkena TB itu harus diobati sampai sembuh total. Pasien TB bisa sembuh total apabila dahaknya sudah dinyatakan negatif tidak terdapat bakteri.

"Terapinya minimal 6 bulan harus patuh kontrol, minum obat," imbuh Fitriani saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Selasa (10/4/2018).

Dikatakannya, pengobatan dan terapi bagi warga yang positif dinyatakan terkena TB bisa dilakukan di Puseksmas terdekat. "Semua obat TBC gartis di Puskemas," ucap Fitriani.

Ia menjelaskan, penularan penyakit TB itu sangat cepat. Penularannya pun sangatlah mudah. Hanya melalui udara dari penderita, TB bisa langsung menyerang orang terdekat.

Penularan TB lebih rentan di kawasan kumuh dan padat. Apalagi jika rumahnya tidak memiliki pencahayaan yang cukup. Sebab, bakteri tuberkulosis akan lebih cepat berkembang apabila kondisi lingkungannya kumuh dan kurang pencahayaan.

"Menularnya kaya mulitlevel marketing. 1 TB bisa menular ke 15 (orang terdekat)," terang Fitriani.

Untuk pencegahan dini, lanjutnya, orang yang terkena TB itu harus ditemukan, lalu diberikan pengobatan hingga terbebas dari bakteri tuberkolusis. Selain itu, pasien TB juga harus selalu mengenakan masker apabila sedang berinteraksi dengan orang terdekat.

Sepanjang tahun 2017, Dinas Kesehatan sendiri telah mendata sekitar 544 pasien positif TB. Namun, Fitriani mengklaim semuanya telah diobati sampai sembuh.

Pihaknya kerap melakukan pelacakan ke rumah-rumah pasien TB melalui kader-kader yang dimiliki. Pelacakan dilakukan untuk mengentahui pasien-pasien yang mangkir dalam terapi pengobatan TB.

"TB mangkir itu kita lacak ke rumah. Kita punya kader di setiap RW. Ada juga kader inti. Kerja sama dengan PPTI Cabang Cimahi," katanya.

Untuk pencegahan selanjutnya, Fitriani menghimbau, agar seluruh masyarakat selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (FB)

Kegiatan Cimahi

Headline News