Pencarian :

Berita • Detail Berita

DPKP Segera Bebaskan Lahan SPAM Leuwilayung

2018-07-10 06:08:21

CIMAHI - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi bakal segera melakukan pembebasan lahan di wilayah Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Pembebasan lahan dilakukan untuk penunjang pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Cimahi Utara II dari Sungai Leuwilayung di wilayah Citeureup.

Kepala DPKP Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana mengungkapkan, saat ini proses untuk penyediaan air bersih dari Sungai Leuwilayung sudah sampai pembuatan Detail Enggenering Desain (DED). Anggaran pembuatan DED mencapai Rp471.047.000 yang diperkjakan perusahaan asal Cimahi, PT Kreasi Cemerlang.

"Desain sudah ada sekarang itu mau pembebasan lahan, sedang proses," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa, (10/7/2018).

Pembuatan sumber air dari Sungai Leuwilayung sendiri merupakan salah satu cara Pemerintah Kota Cimahi melalui DPKP untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Cimahi.

Saat ini, berdasarkan data dari DPKP Kota Cimahi, cakupan pelayanan air bersih baru mencapai 75%. Artinya, masih ada sekitar 25% warga Kota Cimahi yang belum menikmati air bersih. 

"Mudah-mudahan tahun depan mulai kontruksi leuwilayung," ucap Nur.

Jika sudah beroperasi, lanjut Nur, kapasitas dari SPAM Leuwilayung bisa menampung air sekitar 50 liter/detik atau cukup untuk melayani 5.000 Sambungan Rumah (SR). (FB)

Kegiatan Cimahi

Headline News