Pencarian :

Berita • Detail Berita

Masjid Assalaam, Sarana Meningkatkan Ibadah Bagi ASN Pemkot Cimahi dan Masyarakat

2019-01-11 10:57:31

CIMAHI.-

Di penghujung tahun 2018, Pemerintah Kota Cimahi meresmikan pembangunan Masjid Assalaam di lingkungan Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Sarana ibadah tersebut diharapkan menjadi sarana peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah jajaran aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Cimahi dan masyarakat. 

Peresmian Masjid digelar Senin 31 Desember 2018 petang, dilanjutkan dengan Tasyakur Bini'mah di pelataran Masjid tersebut. 

Walikota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan,  Masjid di lingkungan Pemkot Cimahi baru dibangun sejak Kota Cimahi berdiri tahun 2001 lalu.
Pembangunan masjid yang terletak di atas embung UPT Air Minum Kota Cimahi. Terdiri dari tiga lantai, lantai dasar untuk ruang kantor pengelola Masjid, lantai dua memiliki kapasitas untuk menampung 350 jemaah dan  lantai tiga dengan kapasitas jemaah maksimal 225 orang.
Wali Kota mengatakan, keberadaan Masjid menjawab tuntutan kebutuhan sarana ibadah yang memadai di kompleks Pemkot Cimahi. Keberadaan masjid memiliki peranan strategis sekaligus sentral dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan saleh. 
"Kita harapkan kualitas dan kuantitas ibadah ASN bisa meningkat yang dampaknya pada pelayanan publik yang semakin baik," jelasnya.
Bahkan, pihaknya melakukan koneksi speaker Masjid dengan pengeras suara di tiap ruangan. Hal itu diharapkan memacu para ASN termasuk masyarakat yang datang agar bisa menjalankan ibadah salat tepat waktu dan memakmurkan Masjid.
"Speaker bakal terkoneksi ke ruang kerja, kalau adzan bisa langsung terdengar sehingga ASN menyegerakan salat. Bagi ruang kerja yang belum terpasang pengeras suara agar dinas terkait bisa mengupayakan," tuturnya.
Seiring perkembangan zaman, Masjid diharapkan tidak hanya sekedar sebagai pusat tempat beribadah kepada Allah SWT tapi juga berfungsi sosial. Bukan hanya tempat salat, tapi bertambah nilainya sebagai tempat pendidikan dan pemberdayaan untuk membentengi dari penyakit sosial terutama dari budaya yang tidak Islami. 
Pihaknya mengajak semua ASN Pemkot Cimahi agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya masjid ini sebagai tempat ibadah, pembinaan dan pusat peradaban Islam. "Mari kita berkolaborasi dalam mewujudkan masyarakat Kota Cimahi dan ASN menjadi lebih religius. Tujuan kita adalah membangun dan memakmurkan rumah Allah SWT ini demi modal kita di hari akhir nanti," tandasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News