Pencarian :

Berita • Detail Berita

E-KTP Bagi Warga Asing Harus Taati Persyaratan

2019-03-13 14:58:29

CIMAHI.- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi merujuk aturan pusat dalam pemberian Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi Warga Negara Asing (WNA) yang berdomisili di Kota Cimahi. Mereka harus memenuhi persyaratan yang diharuskan sehingga dapat mengakses E-KTP.
Kepala Disdukcapil Kota Cimahi M. Suryadi mengatakan, dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan menyebutkan bahwa WNA bisa mendapatkan E-KTP selama memenuhi syarat. 
"KTP orang asing diatur oleh undang-undang, memang boleh dengan catatan beberapa syarat terpenuhi. Dan di KTP tertera negara asalnya, misal dari China ya China," jelasnya.
Ditegaskan Suryadi, syarat untuk mendapatkan KTP bagi WNA cukup ketat. Diantaranya harus memiliki keterangan Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Keterangan ITAP merupakan jenis izin tinggal bagi WNA yang berlaku selama lima tahun dan bisa diperpanjang.
Untuk mendapatkannya, WNA harus tinggal selama tiga tahun berturut-turut di Indonesia. Untuk WNA yang menikah dengan WNI, harus tinggal minimal dua tahun berturut-turut.
"Kalau sudah punya ITAP, bisa memproses E-KTP dan KK. Jadi kalau dinas mengeluarkan KTP asing dengan persyaratan lengkap, ya sah, legal secara hukum," tegasnya.
Namun, lanjut Suryadi, E-KTP bagi warga asing memiliki masa berlaku. Mereka wajib memperpanjang masa berlaku E-KTP sesuai dengan ITAP.

Kegiatan Cimahi

Headline News