Pencarian :

Berita • Detail Berita

Masyarakat Dilibatkan Dalam Proses Sortir Lipat Surat Suara Pemilu 2019

2019-03-18 08:24:03

CIMAHI.- Kiriman surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tiba dalam kondisi belum terlipat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi merekrut masyarakat untuk memproses sortir lipat surat suara hingga pengepakan sesuai kebutuhan tiap tempat pemungutan suara (TPS).
Logistik jenis surat suara untuk kebutuhan Pemilu Legislatif (Pileg) dan 2019 tersimpan di GSG Harjuno Jalan Encep Kartawiria Kota Cimahi. KPU mulai melipat dan menyortir surat suara pada Jumat 15 Maret 2019."Surat suara yang diterima belum dalam kondisi dilipat sehingga harus diproses. Kita rekrut masyarakat untuk sortir-lipat," ujar Ketua KPU Kota Cimahi M. Irman.  
Untuk perekrutan tenaga lipat dan sortir, pihaknya harus melibatkan kepolisian khususnya polisi wanita (polwan). Pasalnya, dalam perekrutan dan kegiatan sortir-lipat harus ada pemeriksaan badan atau body checking.
"Kegiatan sortir lipat harus kondisi steril, tidak boleh bawa senjata tajam, atau benda-benda lain yang membahayakan," ucapnya. 
Surat suara yang diproses baru untuk kebutuhan Pileg 2019 terdiri dari DPR RI, DPRD Jabar, DPRD Kota Cimahi, dan DPD. "Untuk surat suara Pilpres 2019 belum dikirim dari percetakan di Kudus," ucapnya. 
Untuk Sorlip surat suara itu, KPU Kota Cimahi baru menyiapkan sekitar 200 petugas yang diambil dari warga sekitar Cimahi. Jumlah petugas masih bisa ditambah, disesuaikan dengan kebutuhan.
"Untuk sementara sudah ada 200 orang. Mudah-mudahan bisa ditambah lagi," ujar Djayadi Racmhat, Komisioner KPU Kota Cimahi.
Dikatakannya, para petugas Sorlip akan mendapatkan upah Rp 80 per lembar surat suara. Dengan upah itu, para petugas akan dibebani target 1.500 lembar surat suara per harinya. Estimasinya, surat suara itu harus selesai 15 sampai 20 hari ke depan.
"Targetnya per orang bisa sampai 1.500 lembar per hari. Jam kerjanya dari pukul 08.00 WIB. Sabtu-Minggu jalan terus," katanya.
Kegiatan Sorlip akan berlangsung di dua tempat. Untuk surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Pilpres, akan berlangsung di Gedung SGS Hardjuno. Sedangkan surat suara DPRD Kota Cimahi dilaksanakan di Gedung LKMD.

Kegiatan Cimahi

Headline News