Pencarian :

Berita • Detail Berita

Calon Haji Kota Cimahi Wajib Vaksinasi Meningitis

2019-03-18 08:28:36

CIMAHI.- Mendapatkan imunisasi menjadi salah satu persyaratan wajib menunaikan ibadah haji bagi para calon jemaah haji. Hal itu diperlukan agar tidak terpapar penyakit ditengah berkumpulnya umat muslim dari seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji.

Calon Haji asal Kota Cimahi diantaranya harus mendapat vaksinasi meningitis. Kegiatan vaksin haji wajib dijalani calhaj dengan dasar hasil pemeriksaan kesehatan. "Setelah dinyatakan sehat sesuai ketentuan, maka lanjut ke vaksinasi. Kalau dinyatakan tidak sehat maka tidak bisa berangkat haji dan tidak divaksin," ujar Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Chanifah Listyarini.
Melengkapi vaksinasi sebelum naik haji penting untuk mencegah risiko penularan penyakit dan membawanya kembali ke Indonesia. Penyakit yang tadinya hanya berada di sebagian negara tertentu bisa menyebar ke negara-negara lain. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang berasal dari daerah endemi penyakit tertentu. 
"Wajib dilakukan karena lokasi ibadah haji merupakan negara endemis penyakit tersebut. Khawatir bisa terpapar jika tidak menjalani vaksinasi," ucapnya.
Dalam pemberian vaksin meningitis, calhaj Kota Cimahi tidak dipungut biaya apapun. "Tidak dipungut biaya, sudah ditanggung pemerintah. Satu kali cukup," ucapnya.
Sebelum divaksin, calhaj menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter di tempat. "Untuk vaksinasi tergantung rekomendasi dokter sesuai hasil pemeriksaan kesehatan," ungkapnya.
Selain meningitis, Dinkes Kota Cimahi menganjurkan calhaj mendapatkan vaksin influenza. "Vaksin flu tidak wajib tapi dianjurkan. Pemerintah tidak menyediakan, maka calhaj silahkan mengakses vaksin flu burung di fasilitas kesehatan lain," katanya. 
Selain harus menjalani tes kesehatan tahap dan kebugaran kondisi kesehatan para calhaj memang harus dijaga dan dipantau agar tetap fit. "Sehingga saat pelaksanaan ibadah haji tidak terkendala," katanya.

Kegiatan Cimahi

Headline News