Home| Journalism Dashboard | Login / Register

Berita • Detail Berita

Parpol Pemilu Legislatif 2014 Laporkan Dana Kampanye

Tuesday, 31 December 2013 12:20:32 WIB

CIMAHI.- Sebanyak 12 parpol di Kota Cimahi yang melaporkan rekening dana kampanye Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di KPU Kota Cimahi Jln. Pesantren Kota Cimahi, Jumat (27/12/2013). Pelaporan dana kampanye harus dilakukan sesuai Peraturan KPU No. 17/2013 yang menuntut transparansi dan akuntabilitas parpol peserta Pileg 2014.


Menurut Ketua KPU Kota Cimahi Handy Dananjaya, syarat pelaporan dana kampanye diantaranya laporan keuangan dari parpol dan caleg, sumbangan perorangan, kelompok, ataupun badan usaha non-pemerintah. "Untuk sumbangan perseorangan tidak boleh lebih dari Rp 1 miliar, dan sumbangan kelompok atau badan usaha Rp 7,5 miliar. Dana sumbangan pun harus jelas, ada format formulir yang harus dilengkapi sesuai PKPU No. 17/2013," ucapnya.


Dana asing baik dari perorangan maupun lembaga juga dilarang. "Apalagi, dana dari pemerintah tidak boleh. Meski, parpol mendapat bantuan dana operasional dari anggaran negara," tuturnya.


Kalau sampai batas akhir pelaporan dana kampanye pada 2 Maret 2014 tidak kunjung dilakukan, maka sanksi bisa sampai pembatalan sebagai peserta Pileg 2014. "Dan bagi caleg yang tidak melaporkan dana kampanye, bisa diberi sanksi sampai dicoret sebagai caleg terpilih sesuai aturan," ujarnya. (NF)

Kegiatan Cimahi

Headline News

Berita Serba-Serbi more