Loading...

Buka Forum Perangkat Daerah Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi, PJ. Walikota Cimahi Minta Personil Tingkatkan Kualitas Layanan Kepada Masyarakat

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 22 Februari 2024 1591 kali dilihat
Bagikan:
Buka Forum Perangkat Daerah Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi, PJ. Walikota Cimahi Minta Personil Tingkatkan Kualitas Layanan Kepada Masyarakat

CIMAHI.- PJ. Walikota Cimahi Dicky Saromi membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Dinas Pol PP dan Damkar  Kota Cimahi, di Alam Wisata Cimahi (AWC) Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi. Jajaran Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi diminta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

"Layanan Dinas Pol PP dan Damkar bagian dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Cimahi dalam urusan ketentraman dan ketertiban umum. Sehingga pola sikap dan perilaku serta kualitas sumber daya manusia harus benar-benar diperhatikan sehingga kualitas layanan pun meningkat," ujarnya.

Dicky menilai, personil Dinas Pol PP dan Damkar agar mengedepankan sisi preemtif dan preventif melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan dan mengedepankan penyelesaian di hulu daripada di hilir.  "Kehadirannya harus dapat dirasakan oleh masyarakat. Dan yang lebih penting, kesadaran masyarakat terhadap peraturan semakin meningkat," ungkapnya.

Karena itu, peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat sebagai aparatur pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat harus ditingkatkan.

"Perlunya menerapkan pola sikap dan pola tindak dengan 5S Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun," katanya.

Menurutnya, pada era keterbukaan informasi masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi, serta dapat membandingkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah.

"Harus dipahami, personil Pol PP dan Damkar rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik karena kinerjanya yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Wibawa pemerintah akan terbangun jika aparatur penegak regulasinya kompeten, karena itu harus melaksanakan tugas, kewajiban, serta kewenangan sesuai aturan. Apabila layanan yang diberikan tidak maksimal, secara real time bisa terpublikasi melalui komunikasi sosial on line," bebernya.

Melalui Forum Perangkat Daerah tersebut diharapkan dapat terjaring berbagai masukan dari semua stakeholder sebagai bahan rancangan awal Renja tahun 2025 Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi. "Agar kualitas layanan Pemerintah Kota Cimahi dapat lebih baik lagi," tuturnya.**